Selamat Membaca Artikel UBUNTU-ID™

Penting : Istilah-istilah di Ubuntu

Anda pengguna baru Ubuntu ? Tentu agak sulit beradaptasi dengan ubuntu bagi seseorang yang baru saja bermigrasi ke Sistem Operasi ini. Apalagi jika anda tak terbiasa menggunakan OS Linux, tentu akan terasa asing mendengar istilah-istilah seperti APT, Mirror, Synaptic Package Manager dsb. Di bawah ini beberapa definisi istilah di ubuntu yang saya peroleh dari tabloid komputer PC MILD Edisi 11/2010.
  • APT
Advance Packaging Tool (APT) adalah aplikasi berbasis command line yang dapat digunakan untuk menangani urusan instalasi dan un-install paket software berbasis distro debian dan turunannya. APT mempermudah proses manajemen software pada sistem berbasis Unix dengan mengotomatisasikan pengambilan ketergantungan paket yang dibutuhkan, melakukan konfigurasi, dan instalasi paket dalam bentuk binari atau dengan melakukan kompilasi paket source kode.
  • Mirror
Dalam istilah manajemen paket, mirror adalah alternatif lokasi repositori paket dari repositori paket utama yang sudah tersedia. Dengan adanya mirror yang posisi jaringannya terdapat dekat dengan pengguna maka permasalahan minimnya alokasi bandwidth yang tersedia diharapkan dapat tertangani dengan baik.
  • Sypnatic Package Manager
Aplikasi berbasis GTK+ yang dibuat sebagai front-end Advanced Packaging Tool (APT) yang digunakan sebagai sistem manajemen paket Debian. Synaptic biasanya digunakan pada sistem berbasis  paket deb, namun dapat juga digunakan oleh sistem berbasis RPM. Synaptic dapat digunakan untuk menginstalasi, menghapus, meng-upgrade paket, dan juga untuk menambah daftar repositori paket.
  • Ubuntu Software Center
Ubuntu Software Center atau yang dulu dikenal dengan nama Uuntu Software Store, merupakan aplikasi berbasis GTK+ yang dibuat sebagai aplikasi front-end dari Advanced Packaging Tool (APT) untuk sistem manajemen Debian. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menginstal dan meng-uninstall paket software dan dapat digunakan untuk menambah repositori. Pada menu utama aplikasi ini, tersedia sejumlah kategori paket software yang dapat dengan mudah diinstal atau di-uninstall oleh para penggunanya.
Sekiranya beberapa definisi tersebut dapat berguna bagi anda pengguna baru Ubuntu.

^0^ 0 komentarInfo : Clik Here }

Tuliskan Comentar dan Keluhan

Pepe Ruller. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat